Laravel dan Android Tutorial

Blogger news

Laravel Basic Model View Controller (MVC)

Tidak ada komentar
        Setelah belajar mengenai Database Migration dan Eloquent, tentang bagaimana membuat sebuah class model, sekarang lanjut ke pembuatan Controller untuk mengambil data dari database kemudian menampilkannya ke view.

lanjutan dari post sebelumnya.
Langkah pertama tentu membuat Controller dan menempatkannya di routes. cara membuatnya seperti berikut.


disini membuat Controllernya dengan flag --resource, sehingga terdapat beberapa function untuk digunakan untuk proses CRUD.


sekarang mendaftarkan BukuController tersebut ke dalam routes.


menggunakan Route::resource agar lebih singkat karena function pada Controller nantinya akan dipakai semua. cek dengan Artisan Command route:list


untuk menampilkan datanya pada function index. atur Controller seperti berikut.


Dengan Menggunakan Buku::all() maka data dalam tabel buku akan diambil. jangan lupa import Model dengan menambahkan use App\Buku ke dalam Controller. jika dilihat di browser, function index diatas akan tampak seperti berikut.

datanya akan berupa JSON. dan nanti akan ditampilkan ke dalam view. maka buat dulu file viewnya dengan blade templating.


jika dilihat pada browser

jika ingin manampilkan satu-satu. maka function show yang digunakan. ubah struktur tabel dan tambahkan button info, untuk link pada viewnya seperti berikut. 


sehingga sekarang tabelnya berubah menjadi seperti berikut. ada kolom menu.

siapkan dulu function show pada Controller. agar nanti pada saat button detail di klik akan menampilkan data buku sesuai dengan id nya.


buat dulu view untuk menampilkan detail buku.


jika dijalankan maka untuk bagian halaman detail akan seperti gambar berikut.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar