Laravel dan Android Tutorial

Blogger news

Eloquent pada Laravel (1)

Tidak ada komentar
Setelah membahas tentang Database Migrations, sekarang lanjut ke Eloquent. apa itu? Eloquent merupakan Active Record Implementation pada Laravel. dan digunakan sebagai Model. contohnya seperti ini, membuat sistem CRUD tentang buku maka harus menyiapkan tabel pada database dan membuat Model untuk proses CRUDnya.

jalankan perintah "php artisan". untuk membuat Eloquent Model class, yang dipakai adalah  make:model


fungsinya make:model apa saja bisa dilihat dengan menambahkan help pada Artisan Command.


lanjut ke pembuatan model, yang pertama yaitu hanya membuat model saja tanpa disertai dengan membuat file migration. ketik "php artisan make:model Buku" maka akan dibuat file Model untuk buku di folder app seperti gambar dibawah ini.


cara pembuatan model yang kedua, hapus file model Buku sebelumnya lalu buat lagi dengan menambahkan flag --migration, ketik "php artisan make:model Buku --migration"


sekarang akan terdapat dua file hasil Artisan Command tadi yaitu file model dan file migration untuk Buku.


dan memang pada umumnya untuk pembuatan model disertai dengan membuat migration. jadi lebih baik menggunakan cara yang kedua dengan tambahan flag "--migration".

lanjut ke pembuatan tabel untuk menyimpan data buku. atur kolom-kolomnya seperti berikut ini. kolom id, judul, pengarang ,jumlah dan timestamp untuk mencatat kapan dibuat dan diubah (kolom timestamp berjalan secara otomatis).


setelah itu tinggal melakukan migration, dan tabel siap digunakan.

bersambung kesini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar