Laravel dan Android Tutorial

Blogger news

Eloquent pada Laravel (2)

Tidak ada komentar
Lanjutan dari post sebelumnya, setelah berhasil membuat model dan migrate database sekarang latihan menggunakan Model tersebut atau proses CRUDnya. yaitu menggunakan tools dari laravel yang bernama tinker.

ketik "php artisan tinker"


karena sebelumnya telah membuat model Buku maka untuk membuat Objectnya seperti berikut.


selanjutnya object buku tersebut propertynya di isi. yaitu mempunyai id, judul, pengarang dan jumlah.


jika dilihat object bukunya seperti berikut kemudian simpan (save).


buka tabel buku pada database dan cek apakah berhasil disimpan.


atau bisa juga dilihat melalu tinker dengan function all();


menyimpan data yang pertama sudah sekarang data yang kedua dengan menggunakan function create(). sebelumnya ubah Model dari buku dengan tambahan variabel $fillable[] dan $incrementing.


fungsi dari $fillable ini adalah untuk mengatur kolom apa saja yang boleh disimpan. dalam hal ini disimpan ke dalam kolom id, judul, pengarang dan jumlah. sedengkan $incrementing untuk mengatur apakah primary key (dalam hal ini id) bertipe auto_increment atau tidak (karena menggunakan string tentu di FALSE kan). kembali ke tinker jalankan function create() (session tinker sebelumnya di close (ctrl+c) kemudian jalankan tinker lagi).


sekarang data yang kedua sudah tersimpan ke dalam tabel.


setelah sukses menambahkan data, sekarang ganti mengupdate. misal yang akan diedit adalah data buku nomor dua. tentu harus dicari dulu berdasarkan idnya, caranya bisa menggunakan where berikut ini.


edit data judul bukunya, kemudian simpan(save).


cek di tabel maka judul buku akan berubah.


save dan update sudah tinggal delete. langkahnya hampir sama dengan update() cuma sekarang function yang digunakan yaitu delete().


Catatan:
secara default pengaturan primary key pada laravel adalah 'id', bisa dirubah pada class Model dengan menambahkan variabel $primaryKey.


referensi

Tidak ada komentar :

Posting Komentar