Laravel dan Android Tutorial

Blogger news

Laravel Database Migrations

Tidak ada komentar
Migrations merupakan salah satu fitur Laravel yang powerfull, dengan ini bisa membuat database dan tabel-tabelnya melalui Artisan Command. secara default laravel sudah menyediakan beberapa tabel yang berada di folder database/migrations.


terdapat 2 buah file migrations untuk membuat tabel, yaitu users dan password reset. kalau aplikasi web tidak membutuhkannya (membutuhkan user atau tidak) bisa dihapus saja.

tutorial ini akan menggunakan 2 file migrations tersebut jadi jangan dihapus, hehe.., untuk memulai pastikan sudah mengatur environments dan configurations untuk databasenya, disini menggunakan database MySQL. atur host, nama database, username dan password untuk MySQL. di contoh ini jangan lupa membuat database db_toko dahulu.


buka file users migrations, maka akan terdapat 2 function up dan down. function up digunakan untuk membuat tabel. bisa dilihat pada gambar dibawah, function up akan membuat tabel bernama users dengan kolom id, name, email, pasword , remember token dan timestamps. berikut juga tipe kolomnya, kolom id auto increments, kolom name string, dst. sedangkan function down digunakan untuk menghapus tabel users.


sekarang jalankan perintah php artisan. ketik "php artisan migrate"


jika berhasil, pada database akan terdapat tabel baru. tabel migrations digunakan framework laravel untuk proses migrations itu sendiri, jadi jangan diutak-atik. berikutnya tabel users dan password_resets merupakan hasil dari perintah migrate. bisa dilihat pada gambar dibawah ini. lihat deskripsi tabel users, kolomnya sesuai dengan function up pada file users migrations.


bagaiman jika membuat file migrations baru? misal akan membuat tabel barang. untuk membuat file migrations baru yaitu menggunakan perintah artisan make:migration seperti gambar berikut.


migrations baru sudah dibuat dan tinggal mengatur kolom-kolomnya sesuai dengan kebutuhan.


jalankan lagi perintah migrate, maka akan dibuat tabel baru yaitu barang.


bagaimana jika terjadi perubahan dalam tabel? misal mengganti nama kolom? langkah pertama yaitu melakukan rollback pada migrations. ketik "php artisan migrate:rollback"


rollback bisa dikatakan sama dengan undo. atur lagi file migrations barang, misal mengubah kolom "nama_barang" menjadi "nama_brg".


dan setelah selesai mengubah jalankan lagi perintah migrate. maka akan dibuat baru tabel barang sesuai dengan yang diubah barusan.

berikut beberapa perintah migrate pada laravel. dan bisa dicari fungsinya masing-masing.


referensi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar