Laravel dan Android Tutorial

Blogger news

Reset Password pada Laravel

Tidak ada komentar
Jika membangun sebuah sistem dengan user didalamnya tentu diperlukan proses reset password jika terjadi user lupa password. biasanya user memasukkan email kemudian sistem mengirimkan link untuk me-reset password user tadi.

disini digunakan project sebelumnya. buka halaman password reset.

tentu jika dijalankan akan error karena belum mengatur proses reset passwordnya. pengaturan email berada di config/mail.php yang bisa disetting melalui file .env


untuk sekarang gunakan MAIL_DRIVER=log karena hanya untuk demo saja. nantinya juga tinggal mengganti pengaturan kalau ingin diganti lagi.


setelah itu kembali ke config/mail.php atur pengirim (address dan name).


pengaturan selesai bisa dicoba untuk proses reset password. kembali ke halaman password reset dan jalankan. maka seolah-olah sistem akan sukses mengirimkan email ke alamat email user.

karena memakai mail driver log, jika dalam proses berulang gagal maka bisa dicoba untuk merestart server. (tutup dan jalankan lagi).


kembali ke email tadi, email link reset passwordnya dimana? tentu berada di file log. berada dalam folder storage/logs/laravel.log, maka akan terlihat seperti berikut.


copy linknya dan jalankan di browser, maka user akan dibawa ke halaman untuk memasukkan password yang baru. dengan begitu selesai sudah proses reset passwordnya.

 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar