Laravel dan Android Tutorial

Blogger news

Autentifikasi (Auth) Login pada Laravel

3 komentar
untuk menggunakan proses autentifikasi (login user) pada laravel, secara default sudah disediakan tabel user untuk digunakan. pada laravel 5.2 bisa langsung di-generate dengan artisan command make:auth.


ini akan membuat file-file Views, Controller dan merubah Routes. lihat seperti gambar diatas.  dan jika ingin membuat project dengan proses autentifikasi sebaiknya bagian ini dibuat pertama kali baru kemudian lanjutannya misalkan proses CRUD.

jika aplikasi dijalankan maka sudah terdapat bagian-bagian untuk login, register dan reset password.

bagaimana jika ingin diterapkan pada aplikasinya? misal disini diterapkan pada proses CRUD mata kuliah.

tampilkan daftar routes-nya. lihat pada bagian Middleware. Middleware inilah yang akan digunakan sebagai autentifikasi pada aplikasi. ada web, auth dan guest. jika memerlukan autentifikasi maka Middlewarenya harus ada auth. auth ini merupakan kunci yang berada pada App\Http\kernel.php


misal ingin memproteksi routes /matkul, caranya bisa menambahkan function __construct pada Controller. tempatkan pada bagian atas sendiri.


dengan begini maka semua function pada Controller, atau semua routes /matkul akan membutuhkan autentifikasi. cek route list lagi untuk melihat Middleware-nya.


bagaimana jika sebagian saja yang ingin diproteksi? misal /matkul/index dan /matkul/show tidak perlu autentifikasi? yang perlu dirubah cuma function __construct saja.


dicek lagi dengen route list, maka Middleware juga berubah. selain except terdapat juga only. yang merupakan kebalikan dari except.


download file projectnya disini.

3 komentar :

  1. link nya kug ndak bisa mas yah ada yang di taruh di github kah file latihan ini. terimah kasih banyak ilmunya bermanfaat

    BalasHapus