Laravel dan Android Tutorial

Blogger news

Membuat Class pada Kotlin

Tidak ada komentar
Class pada kotlin dideklarasikan dengan keyword class. langsung saja, berikut contoh pembuatan class sederhana pada kotlin.

class Mahasiswa yang didalamnya terdapat properti nim, nama dan jurusan.


sekarang membuat object (instance) dari class mahasiswa tersebut. perbedaannya dengan java adalah tidak perlu ada keyword new di depan class. lihat gambar berikut.


val mhs = Mahasiswa() disinilah cara membuat object (instance) pada kotlin. baru kemudian diisi properti class tersebut. jalankan, maka hasilnya akan seperti berikut.


untuk Constructor pada kotlin dapat memiliki primary constructor dan satu atau lebih secondary constructor. apakah itu?

primary constructor seperti berikut. rubah codenya seperti berikut.


perhatikan class Mahasiswa diatas. sekarang malah terlihat seperti function dengan parameter bukan? akan tetapi merupakan constructor yang propertinya (nim, nama dan jurusan) langsung dideklarasikan di constructor parameter. jadi untuk membuat object (instance) baru juga bisa dibolak-balik asalkan nama propertinya sesuai dengan yang di constructor dari class tersebut. jalankan, hasilnya akan seperti berikut.


bagaimana jika ingin melakukan sesuatu pada properti class ini? bisa dibuat init pada class tersebut. lihat contoh berikut.


misal nama akan dibuat menjadi huruf besar semua. jalankan lagi dan lihat perubahan yang terjadi.

sekarang mari lanjut ke secondary constructor. untuk deklarasi constructornya memakai constructor. cara pembuatannya lihat gambar di bawah ini. misal ingin menambah properti email. maka di secondary constructor nya juga harus dideklarasikan primary constructor nya juga.


jalankan, maka hasilnya akan seperti berikut.


selamat mencoba.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar