Laravel dan Android Tutorial

Blogger news

Mengupload Laravel ke Web Hosting

2 komentar
Setelah membuat aplikasi web secara local. tentu selanjutnya adalah meng-online-kan web tersebut. dalam hal ini harus diupload ke penyedia jasa hosting website. pastikan penyedia web hosting mendukung framework Laravel. dalam postingan ini menggunakan web hosting gratisan dari idhostinger.

berikut merupakan tampilan control panel dari hosting tersebut. harap dicatat untuk alamat ip, username dan password pada saat membuat hosting.


langkah pertama yaitu mempersiapkan database. buat database baru kemudian import database dari localhost ke web hosting.


setelah database selesai, selanjutnya mempersiapkan konfigurasi pada Laravel. buka file .env dan atur koneksi databasenya. atur APP_DEBUG=false dan konfigurasi database sesuai dengan yang ada pada web hosting yang dibuat.


selanjutnya file-file Laravel tinggal diupload  menggunakan Filezilla. buka aplikasinya dan masukkan IP Address, username dan password dari hosting. tampilan seperti berikut jika sudah terkoneksi dengan web hosting.


perhatikan bagian Local site dan Remote site. intinya file-file pada Local site akan dipindahkan ke Remote site pada web hosting. file-file Laravel ini akan ditempatkan di root. dan file-file pada folder public Laravel (Local site )ditempatkan pada public_html (Remote site).

upload semua file Framework Laravel kecuali folder public ke direktori root (Remote site).
Note : biar lebih cepat folder vendor dibuat zip. baru kemudian diunzip lewat file manager pada hosting.


lanjut ke upload file-file dari folder public (Local site) ke folder public_html (Remote site).


selesai sudah proses upload ke web hosting. kunjungi alamat domainnya pada saat membuat hosting gratisan.

berikut contoh web yang sudah di-online-kan. laravel-crud.esy.es

2 komentar :

  1. mau tanya.. kalau menggunakan bootsrap kan manggilnya bisanya pake

    {{url('public')}}/css/bootstrap.min.css

    kalau upload d idhostinger gmn ya? apa diganti {{url('public_html')}}/css/bootstrap.min.css atau gmn ya?

    thank you..

    BalasHapus
  2. mas kalo folder vendor yang diunzip di file manager itu dihostingernya harus versi berbayar ya? kalo gratis bisa ngga?

    BalasHapus