Laravel dan Android Tutorial

Blogger news

Memulai belajar Framework Laravel

Tidak ada komentar
baca sekilas tentang migrasi ke Laravel 5.3 disini

        langsung saja, sebelum memulai belajar laravel ada yang harus disiapkan terlebih dahulu. kalau menginstall software seperti xampp dan sejenisnya, pastikan php telah di-path ke dalam environment variable. bisa dicek di command prompt atau terminal dengan ketik "php -v".  dan kalau tidak muncul maka silahkan googling untuk menambahkan path nya.


setelah path php berhasil, langkah selanjutnya adalah menginstall composer. di webnya sudah lengkap tata cara instalasinya. setelah menginstall composer, cek dengan mengetik composer di command prompt / terminal.


sekarang peralatannya sudah siap digunakan untuk proses instalasi laravel. langkah pertama adalah menyiapkan folder untuk tempat file-file laravelnya.


dan setelah membuat folder, masuk ke dalam folder yang dibuat melalui command prompt atau terminal. caranya tentu menurut OS komputer masing-masing.


setelah berada dalam folder yang dimaksud, sekarang dimulai proses download file-file laravel framework. ketik "composer create-project laravel/laravel ./ --prefer-dist", silahkan tunggu sampai selesai. sampai post ini ditulis versi laravel yaitu Laravel 5.2


berikut merupakan susunan folder dari laravel 5.2.


sekarang cara menjalankan laravel, ketik "php -S localhost:8888 -t public/"


sekarang laravel sudah berjalan pada folder yang dibuat sebelumnya, dalam contoh ini nama foldernya test-laravel. langsung bisa dilihat di browser dengan cara ketik alamat localhost:8888


dengan cara-cara seperti diatas, akan terdownload versi laravel yang paling baru. jika ingin memakai versi-versi sebelumnya, pada saat membuat project melalui composer caranya seperti berikut. dalam gambar dibawah mendownload laravel versi 4.2, versi ini bisa diganti-ganti sesuai versi yang diinginkan.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar